Oleh: bojaiiko | November 10, 2010

TRAINING ELT

Pada sesi 2 ELT tanggal 7 November 2010, diadakan sebuah training dari Prima Study dengan pembicara Pak Yovan. Beliau adalah alumnus Teknik Industri Fakultas Teknik UI. Training pun dimulai dengan perkenalan diri. Setelah itu, beliau menceritakan bagaimana perjalanan pendidikannya waktu dulu. Tidak disangka perjalanan pendidikannya sangat suram karena belaiu pernah tidak naik kelas saat SMA. Tetapi beliau tidak patah semangat dan terus melanjutkan pendidikannya sampai menjadi seperti sekarang ini. Beliau bercerita kalau dia mempunyai 3 perusahaan dan PRIMA STUDY merupakan perusaan pertamanya. Prima Study merupakan suatu training yang memberikan penekanan bahwa banyak sekali orang yang melupakan kalau sebagian besar aktivitas dilakukan dengan pemikiran bawah sadarnya. Selain itu, juga ditekankan tentang pentingnya konsentarasi dalam melkukan segala aktivitas. Berkaitan dengan konsentrasi, beliau membuat games kecil-kecilan dimana kami, para peserta ELT, disuruh menghafal 20 kata tanpa ditulis dan 20 kata itu dibacakan oleh seorang adik yang mulai beranjak remaja. Alhasil, hanya beberapa dari kami yang mampu memiliki konsentrasi yang baik. Setelah itu, kami disuruh membuat 30 kata dan menantang adik-adik yang katanya memilki kemampuan kosentrasi yang baik. Dan hasilnya cukup mengejutkan. Merkea jauh lebih baik dari kami. Semua itu berkat latihan yang rutin yang mereka lakukan agar memiliki konsentrasi yang baik.

Berkaitan dengan tema, Pak Yovan memberikan beberapa tips untuk mencapai tujuan, antara lain dalam mencapai tujuan kita harus mempunyai tujuan yang spesifik, lalu cari tahu apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut, dan usahakan untuk mehilangkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut. Jika kita menentukan tujuan hidup kita dari saat ini secara terukur, realistis, berasal dari diri sendiri serta jelas batas waktunya, niscaya tujuan akan lebih mudah tercapai.
Sebelum training berakhir, beliau memperkenalkan sebuah alat yang bernam Self Regulation Training. Alat ini beguna untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat konsentrasi kita terutama dalam berpikir. Alat ini satu-satunya di Indonesia.

Dari training, saya belajar untuk lebih berkonsentrasi dalam belajar terutama dalam membaca dan menerima informasi yang datang kepada saya karena diperkirakan tahun 2012 informasi akan berganti tiap hari dengan cepatnya. Selain itu, saya juga belajar untuk menentukan tujuan hidup saya dari saat ini agar tidak terlambat dan menyesal nantinya.

Oleh: bojaiiko | November 28, 2008

INI HIDUP GUE

ap yg lu lakuin klo idup lu dikekang am sesuatu yg gag lu suka??

Itulah yg trjadi am gue

lu byangin aj deh..
Bonyok gue nyekolahin gue biar gue BELAJAR bukan bwad EKSKUL….

oke lah..xkul itu kgiatan pnunjang d skolah..tpi gag usah ampe lebai gtu dun..

Lu tuh skola bwad blajar bkn bwad xkul..

Mungkin jalan pmkiran n plihan orang beda2..tpi jalani plihan lu ndri dun gag usah ngajak2 org..klo orgny mw c gpp,tp klo gag mw kn kesanny kea pemaksaan

ni brdasarkn pngalaman gue..
Gue tau xkul gue tu eksis bgd n solider bgd,tp gue gag sanggup am jadwal latianny yg padet n trlalu capek..
Dan yg plg gue gag bs terima n ngerti ampe skrg tuh pngurus2ny yg seangktan am gue..

Gue gag sk am sikap mreka..lgyan jg mreka kpilih jg karna mereka **ri *******an..

emang c ud dperingatin am kk senior xkul gue..pkokny 1 angkatan jgn ad yg pcah nanti akan brdmpak k pergaulan n ksanny ada slek antara yg rajin latian am yg gag pnah latian…

Skrg mikirny gni aj d,qt kn ud SMA.pastiny ud pada dwasa kn..
Klo dlm prgaulan, usahain jgn campuradukin antara xkul n prtemanan dun…
Kn klo gt pasti gag ad slek

tp sayangny itu msh trjadi ampe skrg

ya gue cm bs blg INI IDUP GUE..GUE GAG SUKA DIATUR PALAGY DIPAKSA..

Oleh: bojaiiko | November 25, 2008

“Proyek Jalan Raya” Part II

Bahan aspal adalah bahan yang tidak mudah menyerap air..

Kalau proyek pembangunan jalan-jalan di Jakarta atau bahkan di dunia memakai aspal, mau jadi apa bumi kita..

Mungkin niat pemerintah baik yaitu pemerintah ingin mengantisipasi tergenangnya jalan-jalan oleh air bah, tapi cara pemerintah itu yang salah.. Jalan raya tidak seharusnya terus menerus dibangun dengan aspal.. Kalau semua jalan memakai bahan aspal, dimana lagi tempat penyerapan air.. Bolehlah memakai bahan aspal tapi sediakanlah lahan penyerapan air..

Kalau air bah datang dan menggenangi jalan-jalan, air bah tersebut mau merembes kemana lagi..Jalan-jalan saja sudah tidak bisa menyerap air, yang ada air bah tersebut akan terus menggenangi jalan..
Dan seluruh jalan yang ada akan tergenang oleh air bah..

Oleh: bojaiiko | November 25, 2008

“Proyek Jalan Raya” Part I

Mulai dari hari Senin kemarin (24/11/08), sepanjang Jl.Raya Bogor,Kramat Jati mengalami kemacetan.

Hal ini terjadi karena adanya pembangunan atau peninggian jalan.

Memang sih nantinya hal ini sangat bagus untuk kelancaran transportasi di masa depan. Tetapi apakah pemerintah tidak berpikir bahwa peninggian jalan dengan bahan ASPAL akan merusak bumi juga..

Mengapa demikian??

…lihat di posting selanjutny…

Oleh: bojaiiko | November 21, 2008

Recycle “Daur Ulang” Kertas (Part III)

Kalau bicara tentang daur ulang kertas, yang ada di pikiran adalah kesulitan proses pembuatannya..

Sebenarnya proses daur ulang kertas itu sangatlah mudah. Berikut ini alat-alat yang dibutuhkan :
1. Air
2. Lem
3. Kertas atau koran bekas
4. Bak atau ember
5. Blender
6. Alat penyaring yang memiliki lubang saringan yang kecil dan berukuran sekitar 30x20cm..(ukuran terserah)
7. Papan untuk menjemur kertas yang sudah disaring..

Berikut ini cara-cara atau proses daur ulang kertas :
1. Siapkan kertas-kertas atau koran-koran yang sudah tidak terpakai lagi

2. Lalu rendam kertas-kertas itu dalam ember atau bak yang sudah berisi air dan sudah dicampur lem..

3. Setelah 2 jam, rendaman kertas itu diblender

4. Siapkan sebuah papan atau meja utk melakukan proses penyaringan dan siapkan juga alat penyaring

5. Saringlah kertas rendaman itu

6. Setelah tidak ada lagi air yang menetes, jemurlah kertas itu

7. Jemur di bawah terik matahari dan jangan terlalu lama

8. Angkat kertas daur ulang itu 5/6 kering..jangan sampai terlalu kering karena akan membuat kertas daur ulang itu melengkung

9. Kertas daur ulang siap untuk dihias

Oleh: bojaiiko | November 21, 2008

Recycle “Daur Ulang” Kertas (Part II)

Seperti yang sudah dikatakan daur ulang kertas sangat menguntungkan dari segi lingkungan alam dan ekonomi..

Usaha daur ulang kertas ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang merusak alam..usaha ini juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar apapun..

Selain itu, usaha ini tidak membutuhkan alat-alat yang mahal..alat yang dibutuhkan cukup sederhana dan harganya juga relatif murah. Begitu pula dengan bahannya. Bahan yang digunakan hanya kertas-kertas atau koran-koran yang tidak terpakai..

Oleh: bojaiiko | November 20, 2008

Recycle “Daur Ulang” Kertas (Part I)

Seperti yang sudah dijelaskan, agar ekosistem pepohonan tidak punah maka jangan menebang atau membakar hutan..Dan agar pemanfaatan pohon yang menjadi bahan baku seperti pohon pinus yang menjadi bahan baku kertas dilakukan secara berlebihan, maka harus diadakan daur ulang..

Contohnya kertas..untuk membuat sebuah buku atau kumpulan buku diperlukan berpuluh-puluh batang pohon pinus..Daripada mengorbankan berpuluh-puluh batang pohon pinus untuk ditebang, lebih baik kertas-kertas yang tidak terpakai itu didaur ulang kan…

Tindakan ini sangat menguntungkan..tidak hanya dari segi lingkungan alam juga ekonomi..

Oleh: bojaiiko | November 19, 2008

Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan yang terjadi sudah sangat merugikan kehidupan makhluk hidup di bumi.

Penggundulan hutan dapat merusak ekosistem hewan dan tumbuhan yang ada. Jika hutan dirusak atau dibakar, hewan-hewan yang hidup di hutan tersebut akan kehilangan tempat tinggal. Begitu juga dengan tumbuhan dan pohon-pohon yang ada akan mengalami kepunahan untuk jenisnya itu..

Salah satu pohon yang juga hidup di hutan-hutan adalah pohon pinus dan mahoni yang menjadi bahan baku kertas. Jika pohon-pohon ini juga musnah, maka persediaan kertas semakin tipis dan juga pohon-pohon penyedia udara bersih semakin sedikit..pinus

Oleh: bojaiiko | November 18, 2008

Paru-Paru Dunia

Salah satu cara untuk mengurangi global warming adalah terus tersedianya hutan-hutan dunia yang dipenuhi oleh berbagai macam jenis pohon sebagai paru-paru dunia..

Tanpa adanya hutan-hutan dunia, maka tidak ada lagi penyerap udara kotor dan penghijauan lagi di bumi ini. Jangankan hutan-hutan dunia, sebatang pohon yang tumbuh di pinggir jalan pun sangat bermanfaat mengurangi polusi udara di bumi ini..

Salah satu paru-paru dunia terdapat di Indonesia yaitu hutan Kalimantan. Tetapi dapat diketahui, pohon-pohon di hutan Kalimantan kini sudah semakin sedikit jumlahnya. Hal ini disebabkan oleh penggundulan hutan disertai kebakaran hutan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak punya rasa tanggung jawab pada alam..
hutan-dunia

Oleh: bojaiiko | November 15, 2008

Asap pembakaran sampah

setelah tadi membicarakan asap rokok,sekarang saatny membicarakan asap pembakaran sampah..

kalau bicara tentang pembakaran sampah,satu kalimat yg terbesit,”bikin bau aja ni”…

memang pembakaran sampah dapat mengurangi jumlah sampah di bumi kita ini,tetapi juga menambah polusi udara..polusi udara yg dimaksud dapat menambah jumlah zat racun di bumi ini dan zat racun tersebut membuat lapisan ozon di bumi semakin menipis..

tindakan yang harus diambil saat ini adalah mengurangi resiko terjadinya pemanasan global yang lebih parah..

Older Posts »

Kategori